27 April 2010

Kemendiknas Diminta Kaji Penyebab Turunnya Angka Kelulusan

Anggota Komisi X DPR Hanif Dhakiri menilai, penurunan tingkat kelulusan UN tingkat SMA dari 93,74 persen menjadi 89,88 persen pada tahun ini bisa disebabkan dua kemungkinan. Pertama, karena kinerja pengawasan pemerintah lebih baik dari sebelumnya. Sehingga hal itu bisa berpengaruh terhadap turunnya angka kelulusan yang pada tahun sebelumnya diduga banyak diwarnai kecurangan.


"Kemungkinan kedua, penurunan angka kelulusan UN disebabkan oleh belum sesuainya materi UN dengan konteks pengajaran di sekolah. Berarti ada gap antara materi yang diujikan dengan materi yang diajarkan," kata Hanif kepada detikcom, Senin (26/4/2010).

Menurut Sekretaris FPKB ini, konteks pengajaran di sekolah sangat terkait erat dengan masalah mutu. Harusnya, materi UN disamakan pada sekolah dengan standar mutu yang sama pula. Tidak sebaliknya asal sama rata meski berbeda mutu dan kualitas pendidikan.

"Faktanya, mutu sekolah-sekolah kita tidak semuanya memenuhi standar. Sementara materi UN-nya sama semua. Di sinilah timbul kesenjangan yang boleh jadi mempengaruhi tingkat kelulusan UN," imbuhnya.

Menurut dia, jika persoalan ketidaksamaan mutu menjadi penyebabnya, berarti perlu dilakukan evaluasi terhadap program pengembangan mutu di setiap satuan pendidikan. Apakah hal itu sudah tepat sasaran atau belum.

"Semua itu baru kemungkinan. Perlu kajian lebih lanjut dari Kemendiknas untuk mencari sebab mendasar dari turunnya angka kelulusan UN tahun ini," terangnya.

Politisi muda PKB ini berharap pemerintah tidak boleh terburu-buru mengambil kesimpulan atas menurunnya angka kelulusan siswa ini. Komisi X akan mendukung upaya pemerintah untuk melakukan evaluasi terhadap hasil UN tahun ini.

"Kita belum tahu ke mana nanti ujungnya. Tak menutup kemungkinan eksistensi UN itu sendiri juga akan kita evaluasi dengan titik tolak dari hasil UN sekarang. Toh UN itu hanya salah satu model evaluasi pendidikan," paparnya.

http://www.detiknews.com/read/2010/04/26/190917/1345891/10/kemendiknas-diminta-kaji-penyebab-turunnya-angka-kelulusan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih komentarnya

SISWA/I BERPRESTASI SEMESTER GANJIL T.P 2011-2012

Peringatan Hari PGRI 25 Nopember 2011

Kunjungan Bupati Tapanuli Selatan

PROFIL 1