08 Juni 2011

Bupati Tapsel berkenan membantu pengoperasian mesin CNC


Anggaran perbaikan sejumlah kekurangan kelengkapan untuk bisa mengoperasikan mesin Computer Numeric Control (CNC) Miling di SMKN 1 Batang Angkola, diupayakan ditampung dalam APBD Tapsel TA 2011.
Hal ini dijanjikan Bupati Tapsel, H Syahrul M Pasaribu bersama Ketua DPRD Tapsel, H Rahmat Nasution SSos usai meninjau langsung fasilitas pendidikan tersebut sekaligus menerima penjelasan dari pihak sekolah akan keberadaan CNC Miling yang belum bisa dioperasikan.

Peninjauan dilakukan kedua pejabat ini di sela-sela pelaksanaan penanaman sejuta pohon dalam rangka memperingati hari Lingkungan se-Dunia, dipusatkan di SMKN 1 Batang Angkola, Minggu (5/6) pagi.
Dihadapan Bupati dan Ketua DPRD Tapsel, Kepala SMKN 1 Batang Angkola, Adanan Harahap bersama Kepala Program Tekhnik Mesin, Faisal Rangkuti menyampaikan, mesin tersebut diterima tahun 2011, namun masih belum bisa dioperasikan. Alasannya, karena mesin tersebut startnya berdaya 15 KVA dan daya listrik sekolah belum mencukupi atau harus didukung trafo. Kemudian, sejumlah perlengkapan atau accesoriesnya belum ada seperti mata pahat dan lainnya.
“Sebenarnya kalau dipasaran harganya ini sekitar Rp380-an juta,” ujar Faisal.
Dasar sejumlah kekurangan tersebutlah maka mesin tersebut belum bisa dimanfaatkan dalam menunjang proses belajar-mengajar siswa di sekolah tersebut.
Mesin CNC Miling berfungsi tutu Faisal bisa meemproduksi sejumlah peralatan mesin seperti pembuatan roda gigi secara komputer. Artinya, ukuran roda gigi diprogram dulu di komputer, setelah itu dengan sendirinya mesin akan mencetaknya sesuai ukuran yang telah diprogram komputer dan bisa diproduksi secara banyak.
“Ini semua serba komputer. Kita tinggal memprogramkannya dulu dalam komputer, setelah itu bisa langsung memproduksinya dalam jumlah banyak. Berbeda dengan yang dilakukan selama ini secara manual dan produksinya terbatas,” tutur Faisal.
Dana Perbaikan Ditampung di APBD 2011
Mendengar penjelasan dan sejumlah kekurangan tersebut, Bupati bersama Ketua DPRD sepakat mengupayakan kekurangan hingga mesin tersebut bisa ditampung anggarannya dalam Perubahan APBD Tapsel 2011 nantinya.
“Susun apa-apa saja yang kurang, jangan ada yang ketinggalan dengan angka yang ril,” pesan Bupati kepada Kasek dan Kadisdik Tapsel, Marasaud Harahap.
Bupati berharap, semua fasilitas pendidikan di sekolah bisa digunakan secara maksimal dalam menunjang pendidikan siswa, khususnya SMK, yang harapannya bisa meluluskan siswa-siswi yang memiliki keahlian dan skil di bidangnya masing-masing dalam menghadapi tantangan dunia kerja yang persaingannya semakin ketat yang menuntut adanya keahlian dan tidak hanya sebatas teori saja.

sumber :http://metrosiantar.com/Metro_Tabagsel CNC_Miling_SMKN_1_Batang_Angkola_Rusak


1 komentar:

  1. Wah. SMK ku kedatangan Bupati Tapsel. Hebat SMK ku ^_^

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya

SISWA/I BERPRESTASI SEMESTER GANJIL T.P 2011-2012

Peringatan Hari PGRI 25 Nopember 2011

Kunjungan Bupati Tapanuli Selatan

PROFIL 1