21 Agustus 2009

PERKEMBANGAN SMK

Hampir setiap hari iklan TV tentang Sekolah Menengah Kejuruan di tayangkan. Dan hampir setiap tahun pula beberapa SMK baru bermunculan.


Adapula beberapa SMK yang mulai menambah jurusan-jurusan (program studi) baru yang diluar rumpun jurusan sebelumnya. Banyak beberapa SMK yang dulunya SMEA membuka jurusan baru berupa jurusan Teknologi Informasi Komunikasi - Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Lihat saja misalnya SMKN 1 Pasid yang dulunya SMEAN, sudah ada jurusan TKJ Atau SMKS Panca Darma yang dulunya SMEAS membuka TKJ. SMKS Teruna yang dulunya bernama STM Teruna dan mempunyai tiga jurusan , sekarang sudah ada jurusan baru yang bertambah yakni jurusan RPL (mungkin satu-satunya saat ini di Padangsidimpuan). Intinya SMK lagi menggeliat. Dan perlu diketahui dari semua jurusan (prodi) yang ada, ada satu materi yang pasti diajarkan yaitu IT. Kalau di SMP dan SMA disebut dengan TIK sedangkan di SMK disebut dengan KKPI.

Terus terang kita merasa bangga dengan perkembangan SMK yang sedemikian pesatnya sehingga mulai menjadi pilihan utama melanjutkan sekolah setelah SMP. Dan memang harus kita akui ternyata lulusan SMK banyak terserap didunia kerja lebih produktif dibandingkan lulusan SMA. Info ini didapatkan setelah beberapa lama mengelola website ini. Dari info yang masuk, banyak alumni-alumni yang mereka lebih bisa bersaing dengan yang lainnya khususnya yang hanya lulusan SMA biasa. Anda tahu kenapa anak-anak SMK lebih produktif? Ini karena semenjak di sekolah mereka sudah diajarkan untuk bekerja secara efisien dan efektif. Mereka diasah untuk bekerja dulu baru berfikir dan bukan berfikir dulu baru bekerja. Mental-mental seperti inilah yang memudahkan produktifitas tenaga kerja dapat ditingkatkan.

Dengan semakin berkembangnya SMK tentu mau tidak mau Teknologi Informasi harus terlibat didalamnya. Bukan hanya karena TI sudah menjadi materi wajib tapi juga karena TI juga menjadi sarana penunjang utama dalam kemudahan transfer ilmu dan skill. Banyak bahan-bahan ajar SMK yang sudah tersebar luas melalui kemajuan TI. Atau banyak guru-guru SMK tidak memerlukan waktu yang lama untuk menerangkan satu materi karena sudah ada laptop dan LCD dengan materi yang siap saji. Hal ini menjadikan guru bisa lebih fokus dalam mengontrol anak didik dan meningkatkan kemampuan anak didik.

Dengan semakin menyebarnya akses internet ke SMK-SMK juga menambah semarak kemajuan SMK. Tidak hanya bahan-bahan ajar menjadi jauh lebih mudah lagi di akses tetapi interaksi antar komunitas di SMK juga semakin terjalin lebih erat. Para alumni-alumni yang sudah berhasil bisa langsung menjadi guru bagi junior-juniornya yang sedang belajar. Atau tugas, soal ujian dan materi-materi baru dari guru-guru sudah dapat diterima siswa tanpa menunggu waktu lama.
SMK BISA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih komentarnya

SISWA/I BERPRESTASI SEMESTER GANJIL T.P 2011-2012

Peringatan Hari PGRI 25 Nopember 2011

Kunjungan Bupati Tapanuli Selatan

PROFIL 1