30 Desember 2010

Ikhlas bekerja

IKHLAS BEKERJA (catatan Bapak Syariful Mahya, S.TP)

Harta, uang, pangkat, kemewahan dan sebagainya bukanlah ukuran suatu kebahagian tapi jalan untuk mendapatkan kebahagiaan. Harta, pangkat maupun kemewahan bisa dicari, dan tidak ada yang tidak mungkin asal kita mau berusaha. Tapi kebahagiaan sulit diperoleh. Hanya orang-orang yang beriman dan takwalah yang tahu arti kebahagiaan yang hakiki. Kebahagiaan yang sebenarnya adalah memperoleh kebahagiaan di akhirat tapi jalannya ada di dunia.

Kebahagiaan di dunia sifatnya hanya sementara, tapi kebahagiaan di akhirat adalah "kekal" dan "selamanya"

Wahai rekan-rekan seperjuangan jangan kamu cari harta dan kemewahan itu sampai melupakan tujuan akhir dari hidup ini. Yaitu Akhir zaman dimana pada saat itu keluarga dan orang lain tidak akan mampu membantu kita kecuali hanya amal ibadah.

Sengaja saya curahkan isi hati di sini, agar kita memiliki keikhlasan dan kerelaan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kita. Jangan jadikan beban segala sesuatu yang akan dikerjakan tapi mari kita nikmati dengna penuh kerelaan dan keikhlasan. Menjadi seorang guru atau pendidik adalah tugas yang begitu mulia sehingga ada istilah 'Guru adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa'. Untuk apa kita peroleh begitu banyak penghargaan kalau hanya membuat kita menjadi manusia yang besar kepala dan sombong. Manusia tidak berhak sombong, karena manusia itu adalah makhluk yang lemah dan tidak ada apa-apanya di hadapan Ilahi Robbi. Biar tidak ada penghargaan tapi kita punya banyak pengahargaan di mata Tuhan. Hina di hadapan manusia belum tentu hina di hadapan Tuhan, tapi malah mungkin lebih mulia di hadapan Tuhan.

Susah di dunia belum tentu susah di akhirat, miskin di dunia belum tentu miskin di akhirat. Kuncinya mari kita ingat mati selagi kita masih hidup, mari kita pergunakan hidup dengan sebaik-baiknya sebelum tiba masanya napas berhenti. Karena apapun itu yang kita peroleh tidak akan ada yang kita bawa kecuali hanya amal ibadah. Oleh karena dalam mengemban tugas kita ke depan marilah kita isi dengan penuh keikhlasan sehingga dalam melaksanakannya penuh nilai di hadapan Tuhan.

Kasek SMKN 1 Batang Angkola selalu bilang, 'Masa Lalu adalah Kenangan, Masa kini adalah kenyataan, Masa depan adalah cita-cita dan harapan'. ungkapan yang penuh arti dan makna. Sebagai manusia yang punya pikiran dan punya hati mari kita renungkan dengan harapan ke dapan kita bisa menjadi pahlawan-pahlawan yang lebih punya arti di hadapan Tuhan, penuh keikhlasan dan kerelaan tanpa ada sedikitpun ada kebencian di dalam hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih komentarnya

SISWA/I BERPRESTASI SEMESTER GANJIL T.P 2011-2012

Peringatan Hari PGRI 25 Nopember 2011

Kunjungan Bupati Tapanuli Selatan

PROFIL 1