27 Desember 2010

Profil SMKN 1 Batang Angkola


SMK Negeri 1 Batang Angkola adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Unggulan pertama yang terdapat di Kabupaten Batang Angkola, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. di dirikan pada Tahun 2004 yang merupakan alih fungsi dari SMK Kecil. Sekolah ini memliliki luas 12876 m2. (http://datapokok.ditpsmk.net/detil.php?id=0703010001)
Berbagai Sarana dan Prasarana sekolah cukup memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar guna tercapainya manusia yang mandiri, sukses, dan bermoral

Proses kegiatan akademik atau belajar mengajar di SMK Negeri Batang Angkola berlangsung secara dinamis. Sistem pembelajaran berlangsung selama 3 tahun dan terbagi menjadi 6 semester. Praktek Kerja Industri (Prakerin) diterapkan untuk menjembatani proses pembelajaran antara pihak sekolah dengan industri yang dilakukan selama 3-4 bulan.

Penerapan sistem kurikulum terbaru yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi pedoman pada proses pembelajaran. Struktur kurikulum yang terdiri dari mata pelajaran normatif, adaptif dan produktif diberikan sesuai dengan jumlah jam yang tercantum dalam kurikum sekolah. Sedangkan mata pelajaran muatan lokal dan pengembangan diri diberikan pada waktu yang telah diatur dan tidak mengganggu proses pembelajaran ketiga mata pelajaran di atas.

Pembelajaran Normatif dan Adaptif
Pelajaran normatif dan adaptif merupakan pelajaran non kejuruan yang diberikan kepada siswa sebagai penunjang kemampuan produktif. Pembelajaran normatif dan adaptif diberikan di dalam kelas oleh guru-guru yang berkompetensi di bidang normatif dan adaptif. Tiga mata pelajaran normatif adaptif yang diujiankan secara nasional (UN) yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika selalu mendapatkan prioritas yang lebih guna mencapai standar yang nasional yang diharapkan. Untuk mata pelajaran normatif dan adaptif yang lainya yang diberikan di SMK Negeri 1 Batang Angkola dapat dilihat di bawah ini.

* Mata Pelajaran Kelompok Normatif
o Pendidikan Agama
o Pendidikan Kewarganegaraan
o Bahasa Indonesia
o Penjas,Olahraga dan Kesehatan
o Seni Budaya

* Mata Pelajaran Kelompok Adaptif
o Bahasa Inggris
o Matematika
o I P A
o Fisika
o Kimia
o I P S
o KKPI
o Kewirausahaan

Pembelajaran Produktif
Mata pelajaran produktif adalah pembelajaran kejuruan yang merupakan kemampuan khusus yang diberikan kepada siswa sesuai dengan program keahlian yang dipilihnya. Pembelajaran produktif diberikan di workshop masing-masing jurusan. Untuk mengefektifkan proses pembelajatan produktif, dilakukan secara sistem ganda (PSG: Pendidikan Sistem Ganda) atau disebut juga Prakerin (Praktek Kerja Industri)

Pembelajaran sistem ganda adalah proses belajar yang dilakukan antara pihak sekolah dengan dunia usaha atau industri. Dengan menggunakan pembelajaran sistem ganda diharapkan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang ada di lingkungan dunia usaha/industri dan menerapkanya pada proses belajar mengajar di sekolah.

Fasilitas

Guna menunjang Pendidikan dan Pelatihan, SMK NEGERI 1 Batang Angkola mempunyai beberapa fasilitas antara lain :

* Musholla (proses pembangunan)
* 1 Laboratorium Komputer
* 1 Workshop Teknik Audio Video
* 1 Workshop Teknik Kendaraan Ringan
* 1 Workshop Teknik Pemesinan
* Perpustakaan mini
* Sarana olahraga (bola voli, tenis meja, sepak bola )
* Ruang OSIS
* Koperasi
* Kantin
* Taman
* Tempat parkir
* Free Hotspot Wi-Fi area
* LAN (Local Area Network)

Kepala Sekolah
* Adanan Harahap, S.Pd

* Bidang Studi Keahlian Yang Diselenggarakan: Teknologi dan Rekayasa

Program Studi Keahlian dan Kompetensi Keahlian yang Diselenggarakan
1. Program Studi Keahlian: Teknik Mekanik Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik Kenderaan Ringan

2. Program Studi Keahlian: Teknik Elektronika
Kompetensi keahlian : Teknik Audio Vidio

3. Program Studi Keahlian: Teknik Pemesinan
Kompetensi keahlian : Teknik Pemesinan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih komentarnya

SISWA/I BERPRESTASI SEMESTER GANJIL T.P 2011-2012

Peringatan Hari PGRI 25 Nopember 2011

Kunjungan Bupati Tapanuli Selatan

PROFIL 1